5 Kunci Sukses Pimpin BUMN ala Rini Soemarno

by
Menteri BUMN

Pada kegiatan Executive Center for Global Leadership (ECGL) yang bertema “Redefining Leadership Making a difference” yang diselenggarakan dalam rangka perayaan pencapain di tahun ke-16 ECGL di Hotel Fairmont Jakarta (04/7), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini SOemarno mengungkapkan ketegasannya terkait leadership dalam BUMN serta kontribusi bagi bangsa dan negara.

Untuk menjadi pemimpin di BUMN, Rini menyebut terdapat lima syarat utama yang harus dimiliki. Kompetensi utama tersebut yaitu mampu membangun hubungan strategis bagi pemangku kepentingan, tajam dalan melihat peluang bisnis, mampu menjadi agen perubahan pada BUMN yang dipimpin, mampu mengambil keputusan yang sejalan dengan tujuan strategis korporasi dan berani berinvestasi jangka panjang.

Dalam membangun kemitraan dengan pemangku bertujuan agar mampu memiliki hasilo yang lebih maksimal serta memiliki nilai tambah bagi pemangku kepentingan. Selain itu, dari sisi ketajaman dalam berbisnis, pimpinan BUMN harus jeli melihat potensi kemudian memanfaatkan potensi tersebut sehingga mendapat keuntungan dan mampu mengembangkan bisnis.

Dari sisi BUMN sebagai agen perubahan, Rini menjelaskan bahwa pemimpin BUMN harus mampu membawa perubahan positif bagi perusahaan. Selain itu sebagai leader harus mampu mengambil keputusan berdasarkan berbagai aspek strategis. Selain itu, sebagai Leader, lanjut Rini, pimpinan BUMN harus mampu berinvestasi jangka panjang untuk keberlangsungan perusahaan di masa mendatang.

“Saya selalu menekankan hal ini kepada semua pimpinan di BUMN. BUMN tidak bisa cuma mencetak laba saja tapi harus punya tanggung jawab di dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” papar Rini.

Selain itu Rini juga memaparkan berbagai tantangan yang harus dihadapi bangsa ini untuk menjadi negara maju. Menurut Rini salah satunya yaitu tantangan pada sektor Sumber Daya Manusia (SDM). BUMN, sebut Rini, harus memiliki program strategis guna meningkatkan kompetensi SDM nya menghadapi berbagai perubahan yang ada.

“Saya sangat bangga BUMN sekarang sudah bersinergi satu dengan yang lainnya. Ini adalah perubahan. Sinergi yang dibangun adalah untuk kesejahteraan masyarakat tidak hanya persoalan bisnis semata. Ke depan pemimpin BUMN menurut saya sangat layak menjadi pemimpin bangsa ini,” tutup Rini. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *