Connect with us
PERTAMINA

Teknologi & Komunikasi

365 Hari Pengabdian Menteri BUMN, Wujudkan Indonesia Go Digital untuk Menjawab Tantangan Persaingan Global

MediaBUMN

Published

on

Digital

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Membahas teknologi yang terus berkembang tidak akan pernah ada habisnya. Perkembangannya membawa kita menuju dunia yang tidak pernah bisa dibayangkan sebelumnya. Teknologi menghadirkan revolusi industri, mengubah kebiasaan, aktivitas dan kebutuhan masyarakat dari masa ke masa. Tantangannya? Tentu saja perubahan teknologi akan mendisrupsi apa pun dan siapa pun yang tidak siap mengikuti derasnya arus.

Dalam 365 hari pengabdian Erick Thohir sebagai Menteri BUMN, peningkatan kapabilitas digital dan pemanfaatan teknologi untuk kemajuan ekonomi nasional menjadi salah satu agenda yang diusungnya. BUMN dituntut agar mampu adaptif dan mampu meningkatkan kompetensi digitalnya agar mampu bicara banyak, tidak hanya di dalam negeri tapi juga di ranah global.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang melanda seluruh penjuru dunia, memaksa orang untuk memanfaatkan teknologi digital untuk beraktivitas. Agenda fisik seperti belajar, bekerja dan bermain kini banyak dilakukan secara virtual melalui aplikasi-aplikasi video conference maupun video streaming, atau pembayaran yang dilakukan secara tunai dilakukan secara cashless.

Pada suatu kesempatan Erick pernah mengatakan bahwa 75% CEO perusahaan besar dunia menilai digitalisasi menjadi hal yang tidak terelakkan saat ini (karena Covid-19) dan di masa depan, karenanya kita harus adaptif.

Karena itu, di bawah kepemimpinan Erick Thohir, TelkomGroup telah siap untuk menjawab tantangan tersebut. Upaya Telkom dalam bertransformasi menuju perusahaan telekomunikasi digital ditunjukkan dengan komitmen untuk fokus pada 3 domain bisnis, yaitu digital connectivity, digital platform, dan digital services.

Hingga tengah tahun 2020, melalui program Indonesia Digital Network, TelkomGroup menghadirkan konektivitas secara masif dengan menggelar 165.805 km atau setara 4 kali keliling bumi jaringan tulang punggung fiber optic yang menyambungkan Sabang sampai Merauke ke Eropa dan Amerika Serikat. Seluruh infrastruktur kabel optik TelkomGroup juga telah menjangkau 489 Ibu Kota Kabupaten (IKK). Kemudian infrastruktur lainnya seperti 228 ribu BTS Telkomsel yang menjangkau 99% populasi, 3 satelit, dan 22 data center.

Tak hanya terus memperkuat posisinya sebagai market leader pada domain digital connectivity dengan menghadirkan layanan berkualitas dengan jangkauan terluas, Telkom juga juga mengakselerasi domain digital platform dengan cara mengembangkan layanan data center & cloud pada tahap awal untuk kemudian menyediakan smart platform di atasnya sebagai enabler berbagai layanan dan solusi ICT. Ada beberapa platform digital yang telah dikembangkan Telkom dan dimanfaatkan instansi/korporasi untuk mendukung aktivitas bisnisnya, di antaranya Antares, BigBox Big Data dan BigBox Developer API (Aplication Programming Interface).

Antares merupakan platform IoT (Internet of Things) yang menyediakan fitur data storage, device management, dan provisioning untuk memudahkan pengembangan ide-ide IoT. BigBox Big Data adalah solusi penerapan platform dan analisis big data untuk menghasilkan pemahaman mendalam (insight) yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan operasional perusahaan. Sedangkan BigBox Developer API merupakan platform yang menyediakan API siap pakai yang dapat membantu developer atau perusahaan yang akan mengembangkan bisnis baru dengan fokus Time to Market.

Untuk mengakselerasi bisnis digital platform seperti edge computing, 5G services, blockchain dan kebutuhan masa depan lainnya, Telkom juga tengah membangun Telkom HyperScale Data Center (HDC), yaitu data center skala besar berstandar global dengan sertifikasi tier 3 dan 4. Kehadiran Telkom HDC yang memiliki spesifikasi, fasilitas, dan service level terbaik, melengkapi 22 data center yang sudah ada sehingga TelkomGroup semakin mengukuhkan diri sebagai market leader bisnis data center.

Melalui dukungan secara sinergis oleh digital platform dan digital connectivity yang telah dibangun, selanjutnya produk-produk digital service akan dikembangkan secara selektif, termasuk melalui akuisisi maupun kemitraan, demi memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan. Telkom mengembangkan berbagai produk dan layanan digital yang ditujukan untuk beragam segmen baik Business to Consumer (B2C) maupun Business to Business (B2B), yang terdiri dari Games, e-Commerce, Video TV, e-Health, e-Education, Logistic Solution, dan Financial Solution.

Tidak hanya dalam konteks bisnis, TelkomGroup yang juga memiliki kapabilitas digital juga mendukung Pemerintah dalam hal penanganan Covid-19. Melalui pemanfaatan big data, Telkom mendukung inisiasi Kementerian BUMN dengan menyediakan dashboard digital information management untuk memonitoring dan bahan pengambilan keputusan Satgas Penanganan Covid-19 dalam hal mencegah dan menangani pandemi di Indonesia. Selain itu, TelkomGroup juga membangun infrastruktur internet di berbagai lokasi penting seperti Wisma Atlet Kemayoran yang kini menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19.

Meskipun saat ini Indonesia sedang menghadapi pandemi Covid-19, misi Pemerintah mewujudkan visi Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong-royong harus tetap berjalan. Karena itu, 365 hari kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN adalah langkah awal yang mantap untuk melanjutkan tahun-tahun berikutnya hingga masa baktinya usai pada 2024 mendatang. []

Teknologi & Komunikasi

Siap-Siap! Game PvP Battle Arena Master 2 Rilis Hari Ini

MediaBUMN

Published

on

Game PvP

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Ada kabar baik dari TelkomGroup bagi para gamer di Indonesia. Arena Master 2, salah satu game PvP (Player vs Player) battle terbaru yang dikembangkan oleh Meerkatgames, perusahaan game developer Korea Selatan dan dipublikasikan oleh Oolean Games di bawah naungan PT Melon Indonesia, telah dirilis hari ini (25/11). Oolean Games merupakan brand publishing milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang menjadi platform one-stop-gaming-ecosystem, mulai dari pembuatan, publikasi, manajemen, hingga payment yang dibantu melalui kerja sama dengan Melon Indonesia.

Game Arena Master 2 ini tentunya akan menjadi salah satu ajang untuk bisa berkompetisi dengan pemain lain. Hal ini dikarenakan pada gameplay-nya pun akan mengandalkan skill dari para pemainnya, oleh sebab itu Arena Master 2 ini mendapatkan julukan game “Play to Win”.

“Sejalan dengan transformasi Telkom menjadi perusahaan telekomunikasi digital, kami secara kontinyu menghadirkan beragam produk dan layanan bagi masyarakat. Industri game adalah industri yang marak saat ini dan sangat potensial ke depan. Untuk itu, Telkom turut mengambil peran di industri ini dan berkomitmen untuk merangsang pertumbuhan industri game melalui talenta-talenta lokal, salah satunya adalah Oolean. Launching Arena Master 2 juga merupakan bentuk dukungan kami terhadap industri ini,” ujar Direktur Digital Business Telkom, M. Fajrin Rasyid.

CEO Melon Indonesia, Dedi Suherman mengatakan, ”Kami launch game terbaru bernama Arena Masters 2, di mana game ini akan tersedia di Asia Tenggara, Hongkong, Taiwan serta Macau. Game Arena Masters 2 adalah game Action PvP di mana para gamer dapat bertanding secara tim 3 versus 3 serta membutuhkan ketangkasan dalam menyerang serta menghindari lawan, dan pastinya game ini juga mendukung industri esports. Ayo dukung industri game dan esports Indonesia.”

Dalam game PvP battle ini tersedia berbagai macam hero yang bisa digunakan oleh para pemain. Sama seperti game PvP battle lainnya, untuk memainkan hero di game Arena Master 2 ini, setiap hero memiliki skill yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, para pemain harus memahami kelebihan dan kekurangan dari setiap hero Arena Master 2.

Selain itu, game ini juga tersedia beberapa mode permainan yang bisa pemain nikmati. Adapun mode permainannya antara lain Duel, Team Deathmatch, Officers and Outlaws. Untuk mode Team Deathmatch, permainan akan dibagi menjadi 2 grup yang di mana masing-masing grup terdiri dari 3 orang. Untuk penentuan pemenang di mode permainan Duel dan Team Deathmatch adalah pemain atau tim yang paling banyak mengalahkan lawan. Sedangkan untuk mode Officers and Outlaws, para pemain akan dibagi menjadi 2 kubu.

Di Arena Master 2 para pemain juga bisa membeli beberapa item terbaik yang berfungsi untuk bisa memenangkan permainan. Akan tetapi jika para pemain tidak ingin membelinya, di Arena Master 2 pun juga tersedia sistem yang memudahkan para pemain untuk bisa mendapatkan item yang diinginkan secara gratis.

Salah satunya adalah sistem Trophy, di mana para pemain harus memenangkan pertandingan untuk memperoleh trophy sebanyak-banyaknya. Jika jumlah trophy sudah mencapai di level tertentu, maka akan ada beberapa item termasuk juga hero yang bisa pemain miliki secara gratis.

Selain menggunakan trophy para pemain juga bisa bertransaksi menggunakan Kristal yang didapatkan dengan melakukan top up terlebih dahulu. Game ini sudah tersedia di Play Store melalui tautan berikut Arena Master 2.

Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai Arena Master 2, dapat mengunjungi di social media facebook dan instagram resmi Arena Master 2. []

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

IndiHome Siap Lahirkan Penyanyi Baru Indonesia

MediaBUMN

Published

on

Penyanyi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Di tengah pandemi Covid-19, IndiHome terus berupaya membangkitkan semangat dan potensi masyarakat Indonesia melalui Semua Bisa Berubah Maju Cover Song Competition yang telah dilaksanakan sejak 28 September 2020. IndiHome yang merupakan produk unggulan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menggelar kompetisi ini bekerja sama dengan salah satu diva Indonesia, Melly Goeslaw. Kompetisi ini sangat disambut baik oleh masyarakat terlihat dari jumlah peserta sebanyak 1.207 penyanyi solo dan grup yang berasal dari Sabang hingga Merauke.

Penyanyi

Seluruh peserta diseleksi melalui tahap eliminasi dan semifinal serta penilaian dan pemilihan langsung oleh para juri profesional seperti Melly Goeslaw, Tantri Kotak, dan Ari Tulang. Kini persaingan peserta kompetisi semakin ketat dengan terpilihnya sepuluh peserta terbaik di tahap grand final yang akan memperebutkan juara satu, dua, dan tiga pada IndiHome Semua Bisa Berubah Maju Cover Song Competition.

Sepuluh peserta yang lolos ke tahap grand final adalah Sarah Suhada (Jakarta), Muhammad Adhytia Navis (Yogyakarta), Lodewk Hahury (Maluku), Nadia Herawati (Bogor), Patricia Agustin (Jakarta), Iva Andina Putri (Jakarta), Farrel Ananda Junior (Cimahi), D’ABC (Jakarta), We Entertainment (Bekasi) dan Jad n Sugy (Makassar). Sebelum para peserta tampil di hadapan juri pada tahap grand final, sepuluh peserta terbaik dari berbagai daerah ini akan diundang ke Jakarta untuk menjalani proses karantina selama 2 hari, di mana peserta akan mendapatkan vocal dan music coaching dari tim profesional. Tahap grand final akan disiarkan melalui kanal YouTube IndiHome pada tanggal 28 November 2020 pukul 20.00 WIB.

Penyanyi

Juara pertama IndiHome Semua Bisa Berubah Maju Cover Song Competition berkesempatan untuk tampil secara duet di video klip Semua Bisa Berubah Maju bersama Melly Goeslaw dan mendapatkan uang tunai senilai Rp15 juta. Sedangkan juara dua akan mendapatkan uang tunai senilai Rp10 juta dan juara ketiga akan mendapatkan uang tunai senilai Rp7 juta. Selain itu, ada juga pemenang favorit coach versi solo yang berkesempatan mendapatkan uang tunai senilai Rp5 juta dan versi grup senilai Rp7,5 juta.

“IndiHome Semua Bisa Berubah Maju Cover Song Competition merupakan sebuah wujud bukti nyata dalam meningkatkan kreativitas dan semangat masyarakat di saat pandemi khususnya bagi mereka yang tertarik dan memiliki potensi di bidang seni suara baik secara solo maupun grup. Kami berharap melalui kompetisi ini juga akan melahirkan para penyanyi baru yang akan mewarnai industri musik di Indonesia, “ungkap E. Kurniawan selaku VP Marketing Management Direktorat Consumer Service Telkom.

Informasi selengkapnya terkait IndiHome Semua Bisa Berubah Maju Cover Song Competition dapat dilihat di laman indihome.co.id/sbbm []

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

25 Tahun Dual Listing di Bursa Dunia, Telkom Percepat Transformasi Digital Menuju Indonesia Maju

MediaBUMN

Published

on

Transformasi Digital

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah melewati 25 tahun dual listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan New York Stock Exchange (NYSE). Pada 14 November 1995, Telkom melakukan penawaran saham perdananya ke publik atau _initial public offering (IPO) tidak hanya di bursa Indonesia tapi juga bursa internasional di Amerika Serikat. Dengan ini, Telkom berhasil membuktikan diri sebagai perusahaan dengan kinerja baik dan berkesinambungan dengan memenuhi standar internasional.

Bertempat di Telkom Landmark Tower, Telkom melaksanakan Peringatan 25th Telkom IPO Anniversary yang dihadiri oleh Menteri BUMN RI Erick Thohir, Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal I Otoritas Jasa Keuangan Djustini Septiana, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi, Komisaris Utama Telkom Rhenald Kasali, Direktur Utama Pos Indonesia Faizal R. Djoemadi dan perwakilan dari Museum Rekor – Dunia Indonesia serta para pelaku sejarah IPO Telkom. Dalam acara ini dilakukan penyerahan sertifikat 25th IPO Telkom dari Direktur Utama BEI dan penyerahan edisi perdana Prangko Prisma 25th IPO Telkom dari Direktur Pos Indonesia kepada Direktur Utama Telkom. Selanjutnya prangko prisma tersebut diserahkan kepada para pelaku sejarah yang berperan dalam IPO Telkom. Telkom juga memperoleh piagam penghargaan rekor MURI dengan title “Perusahaan Indonesia sebagai Emiten di 2 Bursa Saham Dalam dan Luar Negeri yang Berkesinambungan Terlama”.

Menteri BUMN RI, Erick Thohir dalam sambutannya mengatakan bahwa Telkom adalah perusahaan terbesar yang dimiliki BUMN secara infrastruktur dan yang bisa mendorong perubahan. Pada kondisi saat ini, investor percaya kepada perusahaan yang punya strategi jangka panjang dan mampu beradaptasi terhadap perubahan, terutama di industri yang digeluti Telkom. Untuk itu, Erick berpesan agar Telkom tetap konsisten bekerja, menjaga kekompakan dan terus mengawal transformasi demi mencapai kapitalisasi pasar yang lebih tinggi lagi.

Sebelumnya pada hari yang sama, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah didampingi Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi melakukan opening bell pembukaan perdagangan saham di BEI menandai peringatan 25th Telkom IPO. Turut hadir pada kesempatan tersebut Komisaris Utama Telkom Rhenald Kasali dan Direktur Keuangan Telkom Heri Supriadi.

Transformasi Digital

“Menjadi perusahaan dual-listing, menunjukkan komitmen kami pada kepatuhan terhadap aturan dan perundangan yang berlaku sesuai dengan semangat good corporate governance, yang sekaligus juga menunjukkan kredibilitas sebagai perusahaan publik. Terima kasih kepada para pendahulu kami yang telah memperjuangkan Telkom untuk go public di dua bursa saham dunia, kemudian kepada para stakeholder atas kepercayaan kepada Telkom selama ini,” ujar Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dalam acara peringatan 25th Telkom IPO Anniversary di Jakarta (19/11). Ririek menambahkan bahwa selama 25 tahun terakhir tercatat di BEI dan NYSE, saham Telkom mampu memberikan kapitalisasi pasar yang terus tumbuh hingga sekitar 12 kali lipat serta telah melakukan dua kali stock split yakni di tahun 2004 dan 2013.

Vice President of Listings and Services NYSE, Chris Taylor melalui video testimoninya mengucapkan selamat atas peringatan 25 tahun dual listing Telkom di BEI dan NYSE. Chris mengatakan bahwa langkah IPO yang dilakukan Telkom merupakan momen yang sangat penting tidak hanya di Indonesia tapi juga di Asia Tenggara. “Kami bangga dan berterimakasih karena Telkom menjadi anggota dari NYSE, the greatest community of companies in the world,” ujarnya.

Sebagai wujud rasa syukur, Telkom memaknai 25th Telkom IPO Anniversary dengan menyelenggarakan dua program CSR yang pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan untuk dua program CSR tersebut. Pertama, bantuan untuk Desa Simego yang merupakan pilot project Program Penyediaan Akses Internet Wilayah 3T melalui teknologi VSAT Mangoesky.

Ke depannya, sebanyak 241 desa di 26 provinsi seluruh Indonesia akan mendapat program serupa yang dapat mengakses internet layaknya masyarakat yang berada di perkotaan. Kedua, Program Wirakriya Milenial 2020 yang merupakan pelatihan webinar bagi 1.000 calon wirausaha milenial yang berada di lima destinasi wisata super prioritas Indonesia, yaitu Borobudur, Danau Toba, Likupang, Labuan Bajo, dan Mandalika. Dengan total bantuan lebih dari Rp10 miliar, kedua program CSR ini merupakan wujud kehadiran Telkom dalam merealisasikan pemerataan akses internet serta mendukung Pemerintah dalam melakukan upaya percepatan ekonomi nasional. Bantuan diserahkan kepada penerima bantuan dari lokasi masing-masing, disaksikan Menteri BUMN melalui video conference.

“Momen 25 tahun IPO ini menjadi motivasi baru Telkom untuk terus memberikan yang terbaik tidak hanya dari aspek kinerja perusahaan tapi juga mempercepat untuk menjadi digital telco pilihan utama masyarakat sejalan dengan perubahan landscape industri. Kami berharap seluruh lapisan masyarakat senantiasa mendukung upaya mengantarkan bangsa dan negara menuju era digital dan bersama mewujudkan Indonesia maju dan sejahtera,” tutup Ririek.

Continue Reading

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!