Connect with us
PERTAMINA

Uncategorized

2019 Krakatau Steel Bidik Produksi 6,5 juta Ton

MediaBUMN

Published

on

Krakatau Steel

Tahun 2019 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, membidik target produksi mencapai 6,5 juta ton. Perseroan optimis target tersebut dapat tercapai karena sinergi yang dibangun dengan beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor infrastruktur baru saja dilakukan.

Adapun BUMN yang secara resmi bekerjasama dengan Krakatau Steel adalah Waskita Karya, Wijaya Karya, Hutama Karya, Adhi Karya, PTPP dan Nindya Karya.

Baca Juga: PGN Pasok Gas Pabrik Baja Otomotif Senilai US$ 300 Juta di Cilegon

Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Silmy Karim mengatakan, dengan adanya sinergi yang dibangun tersebut, pihaknya berharap akan mampu mendongkrakl kapasitas Krakatau Steel di tahun 2019.

“Produksi diharapkan bertambah khususnya pada besi beton. Dengan adanya kerjasama dengan BUMN karya setidaknya bakal ada tambahan sebanyak 1,5 ton dari realisasi pada tahun 2018. Untuk mendukung itu, maka kami akan tambah mesin lagi pada April 2019,” paparnya.

Baca Juga: Tol Lampung Palembang Selesai di 2019

Per November 2018, imbuhnya, kapasitas produksi tercatat sebesar 5 ton dimana 70 persennya berasal dari konstruksi. Maka dengan adanya kerjasama dengan BUMN karya yang menggarap proyek infrastruktur pemerintah, Krakatau Steel diprediksi akan mampu mencapai kapasitas produksi sebesar 6,5 juta ton.

“Pada tahun 2020 akan ditingkatkan lagi menjadi 2 juta ton. Kami siap mendukung seluruh sektor infrastruktur baik untuk BUMN maupun swasta,” tutupnya. []

Perbankan

Webinar Gratis bank bjb Bagikan Tips Cuan dengan Digital Marketing, Yuk Daftar!

MediaBUMN

Published

on

digital marketing

MEDIABUMN.COM, Jakarta – bank bjb akan kembali menyelenggarakan webinar Bincang Jumat Bisnis Online pada Jumat (29/1/2021). Bincang bisnis kali ini akan kembali membahas tips-tips berkenaan dengan digital marketing untuk mendongkrak bisnis utamanya bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tanah air.

Berbeda dengan penyelenggaraan webinar sebelumnya, kali ini Bincang Jumat Bisnis Online bank bjb akan diberlakukan secara nasional dengan mengankat tema yang diusung yaitu “Meraih Omset Puluhan Juta dengan Digital Marketing”. Direktur Komersial & UMKM bank bjb Nancy Adistyasari mengatakan “bank bjb selalu memfasilitasi para pelaku UMKM untuk menambah bekal pengetahuan demi mematangkan usaha untuk menghadapi tahun 2021, sebagaimana diketahui dunia usaha saat ini telah mengalami pergeseran luar biasa akibat pandemi COVID-19 sampai dengan saat ini. Dengan adanya kegiatan Bincang Jumat Bisnis Online yang rutin diselenggarakan untuk membantu peningkatan kapasitas dan kemampuan para pelaku UMKM. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT) bank bjb, diharapkan para pelaku UMKM dapat menjalankan usaha mereka dengan memperoleh hasil yang optimal” ujar Nancy.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan webinar ini bertujuan untuk membekali pengetahuan para pelaku UMKM dengan berbagai strategi pemasaran terkini yang terus berubah seiring dengan perkembangan zaman. Pembahasan mengenai digital marketing dilakukan secara berseri agar para pelaku UMKM dapat memperoleh pemahaman yang utuh dan komprehensif sebagai bekal dalam mengembangkan usaha mereka.

“bank bjb ingin mengajak para pelaku UMKM di tanah air untuk berkembang dan bertumbuh bersama. Lewat Bincang Jumat Bisnis Online ini, kami berharap bekal pengetahuan peserta akan bertambah dan dapat dipergunakan dalam praktik usaha yang ditekuni sesuai bidang masing-masing. Ajang ini juga dapat dijadikan sarana pertukaran informasi dan mengembangkan jaringan antar pelaku usaha sebagai modal penting agar dapat berkembang dan bertumbuh bersama,” kata Widi.

Seturut tema yang diangkat, Bincang Bisnis akan membahas tentang strategi digital marketing di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, hingga TikTok, agar dapat memperoleh omset penjualan hingga puluhan juta rupiah.

Uraian materi webinar akan dibawakan oleh pemateri Renanta Anindia Wardana. Reanata merupakan pelaku usaha frozen food, digital marketer, sekaligus pendamping UMKM yang telah memperoleh sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Dalam webinar ini, peserta akan diarahkan untuk menggali potensi pemasaran digital melalui media sosial agar dapat mengoptimalkan pelaku usaha dalam meningkatkan penjualan yang akan berdampak pada pertumbuhan skala usaha.

Para peserta juga akan dibimbing untuk mengedarkan informasi online tentang pengalaman pengguna dalam mengonsumsi produk atau merek, dengan tujuan utama meraih engagement dari khalayak. Engagement alias keterikatan khalayak digital ini menjadi salah satu instrumen kunci yang akan mengantarkan usaha mengarah kepada penciptaan profit.

Bincang Jumat Bisnis Online Nasional bank bjb ini akan berlangsung pada tanggal 29 Januari 2021 pukul 13.30-15.30 WIB. Para pelaku usaha yang berminat, dapat mendaftarkan diri dengan berkirim pesan kepada nomor WhatsApp +6282113479047. Format pendaftaran yaitu dengan mengetik daftar/nama/alamat/jenis usaha. Peserta juga bisa melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir online yang telah disediakan panitia pada link: http://bit.ly/RegisterPesertaBincangJumatBisnis2021. []

Continue Reading

Uncategorized

Terbang Perdana Dari Juanda, Surabaya-Ternate Jadi Rute Domestik Ke-18 Yang Dilayani Bandara Juanda

MediaBUMN

Published

on

Rute Domestik

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Seiring dengan pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru, dunia penerbangan terus bergerak menunjukkan geliatnya. Yang terbaru, maskapai Lion Air menambah rute penerbangan dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya menuju Bandar Udara Sultan Babullah Ternate dan sebaliknya (PP), Senin (23/11).

Penerbangan perdana yang mengangkut 175 penumpang tersebut dilepas oleh PTS General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, MMA. Indah Preastuty yang secara simbolis memberikan kalungan bunga kepada pilot dan perwakilan penumpang.

Lion Air penerbangan nomor JT-894 mengudara dari Bandar Udara Internasional Juanda pukul 08.50 WIB dan mendarat di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate pada pukul 13.15 WIT. Sementara penerbangan kedatangan JT-895 dari Ternate mendarat di Juanda pukul 14.00 WIB dengan mengangkut sejumlah 133 penumpang. Layanan penerbangan rute baru ini rencananya akan beroperasi berjadwal setiap hari.

“Selamat kepada Lion Air yang telah melaksanakan penerbangan perdana Surabaya-Ternate (PP). Tidak mudah di situasi seperti saat ini untuk membuka rute penerbangan baru, namun demikian hal ini tentu sedikit banyak menggambarkan tingkat kepercayaan masyarakat yang terus tumbuh untuk menggunakan transportasi angkutan udara. Untuk itu kami sangat mengapresiasi pembukaan rute baru ini,” ucap Indah.

Indah menambahkan, pertumbuhan jumlah penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda meningkat pasca libur panjang akhir pekan Oktober lalu. “Jumlah penumpang per hari saat ini atau selama Bulan November mencapai rata-rata 18 ribu penumpang per hari. Pengamatan kami, hal tersebut terjadi setelah periode long weekend akhir Oktober lalu,” ungkap Indah.

Dengan tambahan rute Surabaya-Ternate (PP), saat ini terdapat 18 rute penerbangan domestik yang dilayani oleh Bandar Udara Internasional Juanda yakni Banjarmasin, Bandung, Balikpapan, Batam, Banyuwangi, Jakarta, Bali, Yogyakarta, Kupang, Labuan Bajo, Lombok, Palangkaraya, Palembang, Pontianak, Sampit, Semarang dan Makasar.

Dibukanya Rute Surabaya – Ternate – Surabaya memberikan nilai lebih bagi masyarakat utamanya dalam hal konektivitas antar daerah dimana penumpang dari wilayah Jawa Timur yang terbang dari Bandar Udara Internasional Juanda dapat melanjutkan penerbangan ke Manado, Tobelo, Galela, Morotai, Buli, Labuha serta kota-kota lainnya setibanya di Ternate. []

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

365 Hari Pengabdian Menteri BUMN, Wujudkan Indonesia Go Digital untuk Menjawab Tantangan Persaingan Global

MediaBUMN

Published

on

Digital

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Membahas teknologi yang terus berkembang tidak akan pernah ada habisnya. Perkembangannya membawa kita menuju dunia yang tidak pernah bisa dibayangkan sebelumnya. Teknologi menghadirkan revolusi industri, mengubah kebiasaan, aktivitas dan kebutuhan masyarakat dari masa ke masa. Tantangannya? Tentu saja perubahan teknologi akan mendisrupsi apa pun dan siapa pun yang tidak siap mengikuti derasnya arus.

Dalam 365 hari pengabdian Erick Thohir sebagai Menteri BUMN, peningkatan kapabilitas digital dan pemanfaatan teknologi untuk kemajuan ekonomi nasional menjadi salah satu agenda yang diusungnya. BUMN dituntut agar mampu adaptif dan mampu meningkatkan kompetensi digitalnya agar mampu bicara banyak, tidak hanya di dalam negeri tapi juga di ranah global.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang melanda seluruh penjuru dunia, memaksa orang untuk memanfaatkan teknologi digital untuk beraktivitas. Agenda fisik seperti belajar, bekerja dan bermain kini banyak dilakukan secara virtual melalui aplikasi-aplikasi video conference maupun video streaming, atau pembayaran yang dilakukan secara tunai dilakukan secara cashless.

Pada suatu kesempatan Erick pernah mengatakan bahwa 75% CEO perusahaan besar dunia menilai digitalisasi menjadi hal yang tidak terelakkan saat ini (karena Covid-19) dan di masa depan, karenanya kita harus adaptif.

Karena itu, di bawah kepemimpinan Erick Thohir, TelkomGroup telah siap untuk menjawab tantangan tersebut. Upaya Telkom dalam bertransformasi menuju perusahaan telekomunikasi digital ditunjukkan dengan komitmen untuk fokus pada 3 domain bisnis, yaitu digital connectivity, digital platform, dan digital services.

Hingga tengah tahun 2020, melalui program Indonesia Digital Network, TelkomGroup menghadirkan konektivitas secara masif dengan menggelar 165.805 km atau setara 4 kali keliling bumi jaringan tulang punggung fiber optic yang menyambungkan Sabang sampai Merauke ke Eropa dan Amerika Serikat. Seluruh infrastruktur kabel optik TelkomGroup juga telah menjangkau 489 Ibu Kota Kabupaten (IKK). Kemudian infrastruktur lainnya seperti 228 ribu BTS Telkomsel yang menjangkau 99% populasi, 3 satelit, dan 22 data center.

Tak hanya terus memperkuat posisinya sebagai market leader pada domain digital connectivity dengan menghadirkan layanan berkualitas dengan jangkauan terluas, Telkom juga juga mengakselerasi domain digital platform dengan cara mengembangkan layanan data center & cloud pada tahap awal untuk kemudian menyediakan smart platform di atasnya sebagai enabler berbagai layanan dan solusi ICT. Ada beberapa platform digital yang telah dikembangkan Telkom dan dimanfaatkan instansi/korporasi untuk mendukung aktivitas bisnisnya, di antaranya Antares, BigBox Big Data dan BigBox Developer API (Aplication Programming Interface).

Antares merupakan platform IoT (Internet of Things) yang menyediakan fitur data storage, device management, dan provisioning untuk memudahkan pengembangan ide-ide IoT. BigBox Big Data adalah solusi penerapan platform dan analisis big data untuk menghasilkan pemahaman mendalam (insight) yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan operasional perusahaan. Sedangkan BigBox Developer API merupakan platform yang menyediakan API siap pakai yang dapat membantu developer atau perusahaan yang akan mengembangkan bisnis baru dengan fokus Time to Market.

Untuk mengakselerasi bisnis digital platform seperti edge computing, 5G services, blockchain dan kebutuhan masa depan lainnya, Telkom juga tengah membangun Telkom HyperScale Data Center (HDC), yaitu data center skala besar berstandar global dengan sertifikasi tier 3 dan 4. Kehadiran Telkom HDC yang memiliki spesifikasi, fasilitas, dan service level terbaik, melengkapi 22 data center yang sudah ada sehingga TelkomGroup semakin mengukuhkan diri sebagai market leader bisnis data center.

Melalui dukungan secara sinergis oleh digital platform dan digital connectivity yang telah dibangun, selanjutnya produk-produk digital service akan dikembangkan secara selektif, termasuk melalui akuisisi maupun kemitraan, demi memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan. Telkom mengembangkan berbagai produk dan layanan digital yang ditujukan untuk beragam segmen baik Business to Consumer (B2C) maupun Business to Business (B2B), yang terdiri dari Games, e-Commerce, Video TV, e-Health, e-Education, Logistic Solution, dan Financial Solution.

Tidak hanya dalam konteks bisnis, TelkomGroup yang juga memiliki kapabilitas digital juga mendukung Pemerintah dalam hal penanganan Covid-19. Melalui pemanfaatan big data, Telkom mendukung inisiasi Kementerian BUMN dengan menyediakan dashboard digital information management untuk memonitoring dan bahan pengambilan keputusan Satgas Penanganan Covid-19 dalam hal mencegah dan menangani pandemi di Indonesia. Selain itu, TelkomGroup juga membangun infrastruktur internet di berbagai lokasi penting seperti Wisma Atlet Kemayoran yang kini menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19.

Meskipun saat ini Indonesia sedang menghadapi pandemi Covid-19, misi Pemerintah mewujudkan visi Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong-royong harus tetap berjalan. Karena itu, 365 hari kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN adalah langkah awal yang mantap untuk melanjutkan tahun-tahun berikutnya hingga masa baktinya usai pada 2024 mendatang. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!